“GURU TAMU” DIGITAL MARKETING DI SMK KARSA MULYA PALANGKARAYA

Gambar : Tim FBI beserta Siswa/i SMK Karsa Mulya

Source: Fakultas Bisnis dan Informatika, 2024

Hari Selasa, tanggal 16 Januari 2024, tim FBI (Fakultas Bisnis dan Informatika) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, memenuhi undangan SMK Karsa Mulya Kota Palangkaraya untuk menjadi “guru tamu”. Dalam kesempatan ini, tim FBI yang beranggotakan Ahyar Junaedi, SE., MM., Mohamad Rafii, ST., MM., dan Setio Ardy Nuswantoro, M.Kom., diminta untuk sharing tentang Digital Marketing serta Peluang Karir dalam dunia Bisnis Digital. Hadir dalam kesempatan ini Pak Marsiyo, ST (Kepala SMK Karsa Mulya Palangkaraya) yang menyampaikan pentingnya para siswa untuk mempunyai semangat dan keyakinan bisa melanjutkan studi ke bangku kuliah, tidak berhenti pada lulus SMK saja. Para siswa diharapkan untuk terus belajar dan menimbal ilmu agar lebih mudah dalam mencapai cita-cita. Beliau juga bercerita tentang pengalaman beliau sewaktu sekolah dulu, walaupun kondisi ekonomi keluarga sangat sulit, namun beliau tetap bertekad untuk terus lanjut kuliah dan berjuang mewujudkan cita-cita beliau hingga akhirnya berhasil menamatkan studi sebagai seorang Sarjana Teknik dari UMPR.

Gambar kegiatan Dosen Fakultas Bisnis dan Informatika menjadi Guru Tamu di SMK Karsa Mulya

Source: Fakultas Bisnis dan Informatika, 2024

Dalam pemaparannya, Ahyar Junaedi , SE., MM., menjelaskan tentang apa dan bagaimana digital marketing saat ini sudah menjadi teknik marketing paling ampuh untuk melakukan penjualan produk, baik barang maupun jasa. Dijelaskan bahwa digital marketing adalah teknik marketing atau pemasaran yang menggunakan media digital, diantaranya melalui media website dan sosial media (Facebook, Instagram, TikTok, linkedIn, YouTube, dan lain sebagainya).

Kelebihan dari digital marketing antara lain:

  1. Adanya kemudahan untuk melakukan promosi produk yang kita miliki,
  2. Dapat berinteraksi secara langsung dengan target market,
  3. Biaya iklan dengan harga terjangkau,
  4. Dapat memilih dan memilah target market yang sesuai dengan produk yang kita miliki (demografi, usia, gender, dan lainnya)

Sementara kekurangannya antara lain:

  1. Sulit dilakukan tanpa memiliki ilmu dan pengalaman
  2. Wajib untuk memiliki waktu dan semangat yang kuat buat belajar.

Sementara itu Pak Mohamad Rafii, ST., MM., memberikan penjelasan tentang peluang karir dalam dunia bisnis digital yang sangat terbuka luas, tidak hanya dalam hal marketing atau penjualan, tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya, seperti spesialis analisis data digital, manajer e-commerce, ahli keamanan siber, spesialis konten digital, serta manajer kampanye pemasaran digital, dan beberapa peluang karir lainnya. Semua peluang karir tersebut memberikan kesempatan pelakunya menerima gaji dengan rentang rata-rata diatas Rp8 juta.

Dalam kesempatan ini, anggota tim FBI yaitu Setio Ardy Nuswantoro, M.Kom., menyampaikan bahwa di Fakultas Bisnis dan Informatika UMPR, terdapat beberapa program studi yang bisa menjadi tempat menimba ilmu lanjutan para siswa SMK Karsa  Mulya Palangkaraya, antara lain Program Studi Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Bisnis Digital, dan Program Studi Manajemen.

Para siswa sendiri tampak cukup antusias menyimak dan mendengarkan penjelasan para narasumber tentang digital marketing, peluang karir di bisnis digital, serta prodi yang ada di FBI UMPR.